Entradas populares

ketombe "si kecil penggangu"

Ketombe merupakan masalah rambut yang sangat mengesalkan. Menyisir rambut dengan melihat adanya kotoran berwarna putih di baju sangat menyebalkan dan membuat baju terkesan kotor. Namun  masalah rambut yang satu ini memang banyak dialami oleh banyak orang.
Berbagai macam cara dilakukan untuk dapat menghilangkan ketombe. Misalnya melalui shampoo dan produk rambut lainnya. Namun sebelum membasmi ketombe di rambut, ada baiknya anda mengetahui penyebab terjadinya masalah kulit kepala rambut ini.
Masalah rambut ini terjadi karena pengelupasan sel kulit mati yang berada di kulit kepala. Masalah rambut yang satu ini tidak sama dengan kutu rambut, namun karena adanya timbunan sel kulit mati di kulit kepala. Sebenarnya hal ini adalah hal yang biasa, namun untuk kulit kepala yang mengalami secara berlebihan, hal ini menjadi masalah apalagi jika terjadi dermatitis seboroik atau psoriasis.
Masalah rambut ini juga terjadi pada kulit kepala yang berminyak karena lapisan kulit yang berminyak mengering, dengan kondisi sel kulit mati yang menumpuk dan menjadikannya serpihan pada kulir kepala. Adakalanya jika anda melakukan aktifitas berat, keringat akan membasahi tubuh dan juga rambut anda, hal ini menjadi penyebab juga.
Faktor cuaca yang dingin, minyak atau produk rambut serta shampoo yang tidak tepat pada rambut, stress atau kurang menjaga kebersihan kulit kepala dapat menyebabkan masalah rambut ini. Ada juga yang disebabkan oleh jamur yang menyerang kulit kepala.
Setelah mengetahui penyebabnya, Dibawah ini ada beberapa tips alami menghilangkan ketombe yang dapat anda gunakan sehari-hari dan tentunya mudah digunakan.
1.    Cuka putih
Anda dapat mengkombinasikan cuka putih dan dicampur dengan segelas air dan jadikan sebagai bilasan terakhir ke kulit kepala saat keramas, pakai secara teratur dan rata, tunggu sebentar dan bilas hingga bersih. Atau anda dapat menggunakan dengan mencampurkan satu sendok cuka dan 3 sendok makan minyak dan shampoo rambut anda.
2.    Soda kue
Gunakan segenggam soda dan gosokkon pada kulit kepala yang anda basahi. Kemudian anda bilas sampai hilang. Awalnya rambut akan kering, namun berangsur-angsur rambut anda akan kembali lembut dan alami seperti sedia kala.
3.    Jeruk nipis
Gunakan 2 sendok makan air jeruk nipis ke kulit kepala anda, tunggu beberapa menit, lalu gunakan merata setelah itu gunakan larutan segelas air dengan campuran 1 sendok jus lemon, tunggu beberapa saat dan bilas rambut anda samapi bersih.
4.      Garam
Gosokkan garam ke kulit kepala anda, bersihkan setelah didiamkan beberapa saat dengan shampoo hingga bersih. 
5. Oleskan Lidah Buaya Pada Rambut.

Lidah Buaya merupakan salah satu bahan alami yang tidak diragukan lagi khasiatnya untuk menjaga kecantikan rambut. Ternyata lidah buaya juga berfungsi untuk menghilangkan ketombe. Caranya, belah satu pelepah lidah buaya dan peras. Kemudian langsung oleskan gel lidah buaya tersebut ke area rambut dan kulit kepala. setelah itu biarkan beberapa menit dan bilas rambut anda dengan shampo.

4. Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa dan Perasan Jeruk Lemon.
Lemon mempunyai fungsi untuk mengurangi ketombe dan mengurangi terbentuknya sel – sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu campur satu sendok makan air lemon dan empat sendok makan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kulit kepala anda.
5. Menghilangkan Ketombe dengan Menggunakan Minyak Zaitun
Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat baik digunakan untuk pengobatan dari dalam maupun luar tubuh. Dan salah satunya adalah digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya hangatkan minyak zaitun jangan terlalu panas, cukup seperti hangat – hangat kuku. Kemudian oleskan pada kulit kepala anda dan pijat secara merata. Lakukan ini sebelum anda tidur dan bilas dengan air hingga bersih keesokan harinya.
6. Menghilangkan Ketombe dengan Menggunakan Yogurt dan Lada.
 Yogurt dan Lada adalah salah satu bahan alami yang berfungsi untuk menghilangkan ketombe. Jika anda menggunakan yogurt secara teratur, maka akan dapat mengurangi proses pengelupasan kulit mati pada kepala. Caranya campur dua sendok teh lada hitam dengan sedikit yogurt secara merata. Setelah itu oleskan campuran kedua bahan tersebut pada kulit kepala dan lakukan juga pijatan halus. Biarkan campuran bahan ini sekitar satu jam, kemudian bilas dengan sampo hingga bersih.

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

Buscar

 

About

All About Medical Analist Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger